4 cara memilih Box Bayi Yang Aman


 

Box Bayi  Berikut ini adalah  beberapa hal yang penting seputar memilih box bayi yang aman untuk bayi anda

1. Bagian-bagian Kecil

Cek juga bagian-bagian kecil pada seluruh box bayi. Lihat apakah ada sekrup yang longgar, cat yang terkelupas, serta setiap bagian rusak yang bisa membahayakan bayi Anda. Periksa apakah box tersebut memiliki bagian yang bisa menyebabkan pakaian si kecil tersangkut.

Periksa juga kekuatan dan kekokohan box tersebut, terutama jika Anda membeli yang bekas. Ingat, keselamatan bayi Anda jauh lebih penting daripada uang. Jangan mentang-mentang ingin hemat, Anda mengabaikan keselamatan si kecil!

Jika Anda menemukan bagian yang membahayakan keselamatan bayi Anda, perbaikilah… atau cari box yang lain…

2. Rencana Jangka Panjang

Baik jika Anda membeli box bayi sebelum maupun setelah bayi Anda lahir, sangatlah bijaksana jika Anda memilih box yang bisa memenuhi kebutuhan Anda untuk jangka panjang.

 

Perhatikan tinggi pagar box. Jangan terlalu rendah, sehingga nantinya bisa dipanjat oleh bayi Anda ketika ia semakin besar nanti. Bagus juga jika Anda memilih pagar yang bisa dibuka atau digeser ke bawah, untuk memudahkan Anda ketika mengakses bayi Anda. Hanya saja, pastikan sistem buka-tutupnya sangat aman untuk keselamatan si kecil.

Baca Juga: Model desain Kamar Tidur Anak 

3. Memilih Kasur

Pastikan kasur yang menyertai box bayi tersebut padat, betul-betul pas ukurannya dengan ranjang, serta keempat pojok kasur tersebut tersangkut dengan baik ke setiap pojok ranjang. Kebanyakan kecelakaan yang berkaitan dengan box bayi disebabkan oleh bayi yang kehabisan napas karena terjepit di antara kasur dengan pinggiran (pagar) box.

Untuk menguji keamanan kasur, Anda bisa mencoba menyelipkan jari-jari Anda di bagian pinggirnya. Jika ternyata lebih dari 2 jari Anda bisa masuk, berarti kasurnya kurang besar.

4. Kisi-kisi Pagar Pengaman

Berikutnya Anda harus mengecek apakah kisi-kisi (railing) yang menjadi pagar box bayi tersebut aman. Sebaiknya jarak antar kisi ini tidak lebih dari 6 cm, sehingga kaki dan tangan bayi Anda tidak bisa terselip di antaranya.

Nah semoga tips diatas bisa membantu anda dalam meburu box bayi yang aman